film Take This Lollipop

Sudah pernah lihat film interaktif karya Jason Zada yang berjudul Take This Lollipop? Untuk mengakses film ini, Anda harus menggunakan Facebook Connect. Nantinya, profil dan foto-foto Anda akan menjadi bagian dari interaktifitas film. Eksekusi teknisnya sama persis sebetulnya dengan .Take This Lollipop Bedanya di kekuatan cerita.
Sayangnya situs  sudah tidak lagi menampilkan konten yang dimaksud. Namun sudah ada nih yang merekam hasil interaktifitas filmnya. Atau coba saja buka di YouTube, cukup banyak video reaksi orang-orang yang telat melihat film ini.
Apa yang ditayangkan di film di atas menunjukkan apa yang bisa didapat oleh Facebook setelah kita menekan Facebook Connect di suatu situs. Aplikasi itu bisa mengambil alamat email, foto-foto kita, profil kita (tidak semuanya), linimasa kita di Facebook, hingga siapa saja teman-teman kita. Perhatikan benar-benar deh setiap kita menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Facebook, akan muncul tampilan popup yang menunjukkan akses apa saja yang kita izinkan kepada aplikasi tersebut. Semakin banyak permintaan akses di tampilan popup, sebaiknya kita harus semakin berhati-hati. Kalau kita tidak familiar dengan aplikasi itu, sebaiknya ya tidak usah mengaksesnya.
Apa yang terjadi di film garapan Jason Zada itu bukan nggak mungkin terjadi. Banyak orang jahat di sekitar kita yang siap mengambil data diri kita lalu menjualnya untuk kepentingan komersial (misalnya: menjual database email yang akhirnya menjadi penyebab segala bentuk spam). Atau yang mengintai apa yang kita lakukan di online, untuk mengetahui keberadaan kita di mana, apa yang kita lakukan, atau kapan kita tidak berada di rumah misalnya. Cerita kenalan baru di facebook  ini bisa memberikan gambaran.
Intinya, batasilah data diri yang kita cantumkan di beragam jejaring sosial. Semua di tangan kita sendiri kok, yang memberi batasan apa yang boleh kita share di jejaring sosial. Kalau mau, pelajari lebih dalam pengaturan privacy di Facebook. Kita bisa mengaturnya secara fleksibel (meski bisa bikin pusing otak juga sih, karena opsinya yang terlalu banyak).

1 komentar:

silahkan berkomentar bro..

TV ONLINE

TV ONLINE

RADIO ONLINE